10.000 Batang Bibit Pinang Disalurkan Kepada Masyarakat

Agam,BeritaSumbar.com,-Pemerintahan Nagari Lubuk Basung, Kecamatan Lubuk Basung, bakal menyalurkan 10.000 batang bibit pinang kepada masyarakat yang tersebar di nagari itu.

Wali Nagari Lubuk Basung, Darma Ira Putra via ponsel, Kamis (2/7) menyebutkan, bibit pinang saat ini sudah tersedia di kebun bibit nagari, yang merupakan hasil pembibitan beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Bersama Mahasiswa KKN, Pemnag Tiku Selatan Cat Dam Batang Tiku

“Masyarakat bisa langsung menjemput bibit ke kebun bibit nagari di parik rantang bawah,” ujarnya.

Untuk mendapatkan bibit ini katanya, masyarakat cukup membawa KK sebagai syarat administratif dan memiliki lahan yang akan ditanami.

“Bagi masyarakat yang akan mengambil bibit lebih dari 100 batang, selain KK juga harus melampirkan surat pengantar dari jorong dan foto lahan. Jika kurang 100 batang, cukup dengan KK saja,” terangnya.

Hal ini supaya bibit yang diterima masyarakat, betul-betul ditanam di lahannya dan tidak untuk dijual.

Menurut Darma, bibit ini disalurkan untuk menunjang peningkatan perekonomian masyarakat di kemudian hari, di samping menggerakkan program Agam Menyemai yang dicanangkan Bupati Agam beberapa tahun lalu.

“Dalam hal ini kita juga sudah mengajukan proposal bantuan bibit kepada Pemprov Sumbar dan sudah ditindak lanjuti. Bahkan telah dilakukan survei lapangan, tapi bibit belum datang,” sebutnya.

Ia mengatakan, bibit yang akan dibantu seperti pokat, durian, jengkol dan petai dengan jumlah 40.000 batang.(humas)