Petani Tanjung Modang Butuh Perhatian Khusus

Tanah Datar,BeritaSumbar.com,-Masyarakat jorong tanjung modang nagari tanjung bonai kecamatan lintau buo utara adakan goro bersama memperbaiki saluran irigasi disepanjang jalan akses perkebunan Minggu ( 5/7).

Gotong royong tersebut dilakukan oleh masyarakat agar jalan utama menuju perkebunan masyarakat dapat dilalui dengan baik dan lancar.

Selama ini, masyarakat selalu swadaya melakukan perbaikan, namun karena intensitas hujan yang meningkat beberapa waktu terakhir, menyebabkan masyarakat kwalahan membuat saluran air.

Hal tersebut dibenarkan oleh eman, ketua pemuda tanjung modang kepada media disela sela goro tersebut.

” iya, jalan ini adalah akses satu satunya masyararakat untuk mengangkut hasil pertanian, jadi kalau jalan ini rusak dan irigasi tidak baik tentu menimbulkan kecelakaan dan kesulitan masyarakat untuk mengangkut hasil tani” ujarnya.

Tambah eman, kalau sudah hujan deras, karena tidak ada nya saluran irigasi menyebabkan kondisi jalan dibeberapa titik rusak parah dan perlu ditimbun dengan cadas.

“Selain saluran irigasi, jalan ini juga sudah ada yang berlobang dan rusak dibeberapa titik” pungkas eman

Selain itu, andi selaku penanggung jawab goro, juga berharap agar saluran irigasi ini bisa digali dengan alat berat.

“Jalan ini panjangnya lebih kurang 10 KM, jadi kami sangat kesulitan untuk membuat parit dengan alat seadanya,” paparnya

Harapannya, ada dermawan atau pihak lain yang mau membantu mengirimkan alat berat untuk menggali saluran irigasi disepanjang jalan ini dan menyumbangkan cadas untuk menimbun jalan tersebut.

“Kami selaku petani, hanya berharap semoga ada pihak yang membantu mengirimkan alat berat untuk membuat saluran air disepanjang jalan ini, serta menyumbangkan cadas untuk menimbun jalan yang berlubang” tutup andi berharap. (rek)