Mahasiswa Kukerta UNRI Jadi Relawan Covid-19 di BPBD Padang Panjang

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,-Mahasiswa Universitas Riau telah melakukan Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) dengan menjadi Relawan Wabah Covid-19 yang telah ditentukan oleh Universitas Riau di BPBD Kota Padang Panjang.

Ketua tim Kukerta, Ahmad Suwandi, Jumat (10/7/2020) mengatakan, selama melaksanakan tugas sebagai  relawan Covid-19 mahasiswa diikutsertakan dalam pendistribusian logistic perlengkapan di masa transisi yang dilakukan oleh pemerintah dari masa PSBB ke New Normal.

“Kami membantu membagikan serta melakukan pendataan perlengkapan protocol kesehatan seperti  masker, hand sanitizer, thermogun dan logistik Covid-19 lainnya ke sekolah dan instansi pemerintahan yang membutuhkan,” ungkap Ahmad.

Pada hari pertama penerapan new normal di Kota Padang Panjang, Ahmad Suwandi bersama rekan timnya bernama Dinul Huda juga membantu dalam pembagian Hand Sanitizer beserta botolnya kepada para supir angkot di terminal mikrolet untuk diletakkan di mobil angkotnya masing-masing untuk memenuhi protocol kesehatan yang telah ditentukan pemerintah.

“Pembagian hand sanitizer ini bertujuan untuk memberikan himbauan kepada penumpang angkot  dan supir angkot agar selalu mengikuti protokol kesehatan sesuai dengan Perwako Nomor 25 tahun 2020 tentang pedoman new normal di Kota Padang Panjang,” ujarnya kepada Berita Sumbar.

Mereka juga membantu dalam pendistribusian dan pendataan jumlah thermogun thermogun ke masjid, sekolah dan instansi pemerintahan ucap Dinul Huda menyambung perkataan Ahmad Suwandi.

“Tujuan dari pendistribusian thermogun ini adalah agar dapat melakukan pengecekan suhu kepada setiap pengunjung yang datang, apalagi waktu itu masyarakat sudah diizinkan untuk sholat berjamaah di masjid,” kata Ahmad Suwandi.

“Program Kukerta ini merupakan bentuk kepedulian UNRI terhadap kondisi pandemi virus corona saat ini. Karena kondisi siaga darurat telah ditetapkan maka pihak UNRI membuka program Kukerta Relawan Covid-19 ini,” tambahnya.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada BPBD Kota Padang Panjang, yang telah menerima kami menjadi Relawan Wabah Covid-19 di Kota Padang Panjang, suatu kebanggaan bagi kami menjadi bagian dari penanganan wabah ini” pungkas Ahmad Suwandi.

Kepala BPBD Kota Padang Panjang yang diwakili oleh sekretarisnya, Zulheri juga menyampaikan terimakasih kepada Universitas Riau yang telah mengikutsertakan mahasiswanya dalam penanganan Covid-19 di Kota Serambi Mekah ini.(*)