Rombongan Bimtek Kepala Desa Sawahlunto Lakukan Kunjungan Kepusat Hidroponik Jambi

Jambi, Berita Sumbar–Rombongan Bintek Implementasi Permendagri 110/2016 serta Harmonisasi BPD dan Pemerintah Desa Kota Sawahlunto melakukan studi tiru pengembangan sayur hidroponik ke adipura hidroponik, kota Jambi.

Kita berharap setelah melakukan studi tiru kelapangan, ada diantara peserta bintek yang bisa mengembangkan sayur hidroponik di desa masing-masing, kata Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kota Sawahlunto Dedi Syahendry S.STP.MSi, Sabtu (18/7).
Setelah mendapatkan materi tentang harmonisasi BPD dengan Pemerintah Desa selama satu hari penuh dari nara sumber kemendagri dan Kemendes, para Kepala Desa, ketua BPD beserta anggota perlu juga melihat dan mempelajari pengembangan sayur hidroponik.karena pasaran sayur hidroponik sangat menjanjikan.

Sekarang tinggal dari kemauan kita untuk memanfaatkan peluang yang ada demi peningkatan kesejahteraan masyarakat, pesan Dedi. Ketua rombongan Bintek Edi Narwin Daulay, mengatakan, kegiatan bintek yang ikuti 20 desa ini, merupakan kegiatan yang sudah direncanakan sejak tahun lalu, demi peningkatan kapasitas Kades dan BPD dalam mengelola pemerintahan desa yang lebih baik.

Kemudian, kita berharap hasil bintek dan studi tiru kelapangan bisa diterapkan didesa. Disamping melihat sayur hidroppnik, rombongan juga melihat pengelolaan lokasi parawisata di kota Jambi. Tahun depan diharapkan masing- masing desa di kota Sawahlunto, bisa mengembangkan lokasi wisata yang mereka miliki, sesuai dengan pesan walikota Deri Asta pada saat acara pembukaan.

Baca Juga: Gelar Bimtek, Kepala Desa Diharapkan Bisa Adu Argumentasi Untuk Kemajuan

Dengan adanya studi tiru di sektor pertanian dan parawisata, kita berharap potensi yang dimiliki desa bisa di garap secara optimal demi peningkatan pendapatan desa serta peningkatan kesejahteraan masyarakat desa, kata Edi Narwin Daulay.( alim).