Keren, Mahasiswa Kukerta Relawan UNRI Sendiri Laksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat Di Kelurahan Sigando

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,-Lembaga Penelitian dan Pengabdian (LPPM) Universitas Riau mengadakan program Kukerta yang berbeda dari biasanya dikarenakan adanya pandemi Covid-19. Salah satu program kukerta tersebut adalah Kukerta Relawan Wabah Covid-19 dan Kukerta Relawan Desa Lawan Covid-19. Program ini disusun untuk memfasilitasi konversi kegiatan mahasiswa yang tergabung dalam Satgas Relawan Desa Lawan Covid-19 sebagai kegiatan relawan.

Pelaksanaan kukerta ini dapat dilakukan oleh seluruh mahasiswa Universitas Riau yang telah memenuhi syarat dan dapat dilaksanakan di seluruh Indonesia sesuai dengan domisili mahasiswa yang bersangkutan. Sehingga mahasiswa Universitas Riau yang sedang berada di kampung halaman dapat melaksanakan program kukerta ini. Salah satunya adalah Rehan Fadillah mahasiswa FKIP Biologi universitas riau yang berasal dari Sumatera Barat dan tengah melaksanakan Kukerta Relawan di Kelurahan Sigando Padang Panjang Timur.

Rehan menuturkan bahwa Kukerta ini dilaksanakannya sendiri dengan bergabung bersama Satuan Tugas (Satgas) penanggulangan Covid-19 Kelurahan Sigando. Meskipun sendirian, mahasiswa ini tetap antusias melakukan pengabdian kepada masyarakat di tengah pandemi.

Adapun beberapa kegiatan yang telah dilakukan oleh mahasiswa ini adalah penyemprotan disinfektan di rumah warga dan pengecekan washtafel umum Kelurahan Sigando. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka mencegah penyebaran virus corona di kelurahan sigando yang dilakukan secara berkala dengan tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19 “Kegiatan ini dilakukan secara berkala yaitu 2 minggu sekali, penyemprotan ini dilakukan di tempat umum dan rumah warga Kelurahan Sigando. Selain itu, washtafel juga terus di pastikan dapat berfungsi dengan baik” tutur Rehan.

Selain itu, mahasiswa Kukerta UNRI ini juga menyebarkan poster protokol kesehatan di Kelurahan Sigando. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mengajak seluruh masyarakat Kelurahan Sigando dan sekitarnya untuk tetap mematuhi protokol kesehatan di era new normal “Meskipun telah diterapkan new normal, tetapi kita tetap harus mematuhi protokol kesehatan. Oleh karena itu saya menyebarkan poster ini di berbagai tempat umum yang ada di kelurahan sigando” tutur rehan sambil menunjukkan poster yang di buatnya.(*)