Bantu Cegah Penyebaran Corona, Mahasiswa Relawan Covid-19 Unri Adakan Penyemprotan Disinfektan

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Mahasiswa Relawan Covid-19 Universitas Riau (UNRI) yang tergabung dalam Satuan Gugus Tugas (Satgas) Covid-19 lakukan penyemprotan disinfektan sekaligus pemantauan kondisi masyarakat di kenagarian Limbanang kecamatan Suliki Kabupaten Lima Puluh Kota.

Penyemprotan ini sebagai bentuk kepedulian para relawan Universitas Riau terhadap pencegahan merebaknya virus Covid-19.Kegiatan dilakukan mengingat kondisi kenagarian Limbanang yang sudah mulai membuka kembali aktivitas ditempat umum, yang sebelumnya Sempat terhenti karena pemberlakuan PSBB dilingkungan kenagarian Limbanang khususnya dan kecamatan suliki pada umumnya.

Penyemprotan ini  ditujukan pada tempat umum ( Pasar Limbanang dan Masjid di Nagari Limbanang ). “Proses penyemprotan ini adalah yang kedua yang mana sebelumnya kami sudah melakukan penyemprotan disinfektan di pasar jl. Tan Malaka Km.15 Kenagarian  Limbanang dengan tujuan pensterilisasian untuk memasuki masa New Normal dan kegiatan tersebut kami lakukan satu hari sebelum kegiatan pasar berlansung, yang mana kegiatan pasar di Limbanang dilakukan setiap hari Kamis. Pengunjung Pasar Limbanang ini cukup Ramai, bukan saja dari kenagarian Limbanang, tapi dari sekecamatan Suliki bahkan ada yang dari luar kecamatan” ujar Ersa Fitrila Tania, Anggota dari Tim Relawan Universitas Riau.

Dalam pelaksanaan penyemprotan disinfektan Tim Relawan sangat mematuhi protokol kesehatan, mereka tampak menggunakan APD yang lengkap.Peralatan dan perlengkapan yang digunakan dalam kegiatan ini dipersiapkan oleh satgas covid-19 kenagarian limbanang. Beberapa hari sebelum pelaksanaan penyemprotan ke Masjid, Tim Relawan mengonfirmasikan terlebih dahulu ke  kepala jorong seterusnya ke pengurus masing-masing masjid tersebut. Kegiatan penyemprotan dilaksanakan pada hari Jumat beberapa waktu lalu.  Mulai jam 09.00 bersamaan dengan garin yang juga mau membersihkan masjid sebelum pelaksanaan sholat jumat.  Pertama dilakukan di Masjid Raya Limbanang, kemudian dilanjut ke Masjid Baiturrahman, dan terakhir di Masjid Taqwa kenagarian Limbanang.

Dengan penyemprotan disinfektan ditempat Masjid ini diharapkan semoga untuk kedepannya  di kenagarian Limbanang tidak ada lagi Masjid yang tutup untuk pelaksanaan Sholat Jum’at dan sholat  jamaah 5 waktu.  Tim Relawan juga menyampaikan kepada Garin di Masjid sedapat mungkin untuk kedepannya selalu dilakukan penyemprotan disinfektan baik sebelum maupun sesudah pelaksanaan sholat jumat.(*)