Riza Ungkap Perjalanan Diri Saat Webinar Dengan Anak Nagari Koto Nan Godang

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,—-Wali Kota Riza Falepi menjadi pembicara dalam diskusi Webinar Penguatan Karakter Anak Nagari Koto Nan Gadang Untuk Menghadapi Globalisasi Via Aplikasi Zoom di Pendopo Rumah Dinas Wali Kota, Minggu (26/7).

Acara ini dipandu oleh Yon Refli Daniel, dengan narasumber lainnya DN Dt. Angguang Mangun Nan Putiah, serta dosen UNAND Prof. Dr. Yose Rizal, M.Sc Dt. Simarajo Nan Sati.

Dalam pemaparannya, Wako Riza menjelaskan dahulu beliau pernah bersekolah di sekolah yang tidak terkenal atau bukan sekolah favorit yaitu SDN 06 Tarok, kemudian dilanjutkan ke SMPN 1 Payakumbuh dan SMAN 3 Bukit sitabur sampai naik kelas dua, dan dilanjutkan di SMA N 13 Tanjung Priok, Jakarta Utara.

“Setelah bersekolah di Jakarta, persaingan untuk mendapat nilai yang bagus di SMA yang baru ternyata tidak segampang yang saya fikirkan,” jelas Riza.

Diceritakannya, waktu pertama Riza memulai bersekolah di SMA N 13 Tanjung periok, nilai yang dirinya dapatkan tidak memuaskan atau anjlok, karena ternyata di SMA tersebut banyak anak-anak yang pintar.

“Kemudian saya bertekad untuk belajar dengan giat dan bersungguh-sungguh agar nilai saya bisa bagus, dengan cara bergaul dengan teman yang pintar dan tidak malu untuk bertanya kepada mereka. Alhamdulliah buktinya saya berhasil ikut olimpiade matematika se Provinsi DKI Jakarta dan Jawa Barat, saya dapat rangking 1,” terang Riza.

Lebih lanjut, setelah tamat SMA, Riza melanjutkan ke ITB dan setelah tamat kemudian bekerja di Aceh sebagai Direktur dan juga pernah berbisnis, kata Riza tidak mudah untuk meraih kesuksesan dalam berbisnis, pernah jatuh bangun dalam membangun bisnis, dan bahkan Riza pernah juga ditipu oleh rekan bisnis.

Dari pengamalan tersebut Wako Riza tidak patah semangat, terus melangkah kedepan dengan niat yang baik insyaallah akan mendapatkan hasil yang baik, alhamdulliah tahun 2011 dirinya dipercaya untuk menjadi Anggota DPD RI perwakilan Sumbar.

“Tiga tahun saya menjalankan tugas sebagai Anggota DPD RI, kemudian tokoh dari kampung saya Koto Nan Gadang, yaitu Dt. Bolang menemui saya dan mengatakan sudah saatnya untuk mengabdi untuk kampung halaman untuk menjadi Wali Kota,” katanya.

Akhirnya Riza dipercaya oleh masyarakat Payakumbuh untuk menjadi wali kota, bahkan sudah dua periode.

“Untuk itu dalam diskusi ini ini saya menyampaikan dan berpesan kepada kita semua, bahwa teruslah belajar dan selalu optimis dan fokus dalam bekerja, insyaallah kita akan mendapatkan hasil yang maksimal,” pungkas Riza. (Humas)