Mahasiswa KKN-T IPB Kabupaten Solok Lakukan Penanaman 1500 Bibit Pohon Pinang

Solok,BeritaSumbar.com,-Kamis, 6 Agustus 2020 Mahasiswa KKNT IPB telah melakukan penanaman 1500 bibit pohon pinang di daerah domisili KKN yaitu Nagari Koto Hilalang, Kecamatan Kubung, Kabupaten Solok, Sumatera Barat. Mahasiswa IPB berjumlah 10 orang tersebut, saat ini masih menjalankan Kuliah Kerja Nyata-Tematik (KKN-T) dan merupakan mahasiswa IPB asli asal daerah Kabupaten Solok, Sumatera Barat.

Penanaman 1500 bibit pohon pinang sendiri merupakan salah satu program kerja mahasiswa bersama nagari mitra dan juga Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Bibit pohon pinang diperoleh dari BPDASHL Agam Kuantan Kabupaten Solok yang bertempat di Kayu Aro, Kabupaten Solok (29/7).

Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan membagikan berbagai jenis bibit pohon dan buah-buahan secara gratis dan dapat diperoleh dengan memberikan fotocopy KTP saja. Pemilihan bibit pohon pinang disebabkan di Nagari Koto Hilalang sendiri memiliki program dan target untuk menanam 20.000 pohon pinang di sepanjang jalan Nagari.

Nagari Koto Hilalang terkenal dengan potensi pinang iris, dengan penanaman ini diharapkan potensi pinang iris semakin maju kedepannya dan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Selain 1500 bibit pohon pinang, juga terdapat 100 bibit pohon pala dan 50 pohon durian.

Pada kesempatan yang sama, Yuli Endra, ST selaku Wali Nagari Koto Hilalang mengatakan sangat berterimakasih atas terselenggaranya penanaman ini.”Pemerintah Nagari Koto Hilalang mengucapkan terima kasih kepada BPDASHL Agam Kuantan telah memberi kami bibit pinang, pala, durian, dan juga terimakasih kami kepada mahasiswa KKN-T IPB, bhabinkamtibmas dan Mahasiswa KKN UIN Imam Bonjol”, tukasnya.

Penanaman telah dilakukan oleh masyarakat nagari bersama dengan mahasiswa KKNT IPB dan mahasiswa KKN UIN Imam Bonjol di sepanjang jalan Nagari Koto Hilalang (6/8).

Dengan dilakukannya program penanaman 1500 bibit pohon pinang ini mahasiswa KKNT IPB kelompok Kabupaten Solok 01 berharap kegiatan tersebut dapat bermanfaat bagi masyarakat di Nagari Koto Hilalang, selain itu juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat sekitar untuk menanam Pohon.(*)