Mahasiswa KKN IPB Melakukan Sosialisasi dan Aplikasi Biopestisida Bersama KWT Sun Flower

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,-Kuliah Kerja Nyata atau akrab di sebut KKN dikalangan mahasiswa selama masa penanganan pandemi covid-19 diarahkan ke kampung asal para mahasiswa. Seperti halnya mahasiswa asal Luak Limopuluah yang menimba ilmu di Institut Pertanian Bogor, mereka diberi tugas kuliah kerja nyata di Kota Payakumbuh.

Sekitar 10 orang mahasiswa asal Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota lakukan pendampingan para petani di kelurahan Bulakan Balai Kandi kecamatan Payakumbuh Barat Kota Payakumbuh selama 40 hari. KKN Mahasiswa IPB ini mengusung tema “Ketahanan Pangan dan Pencegahan Covid-19.”

KKN yang dilaksanakan secara semi daring oleh mahasiswa IPB selama 40 hari tersebut juga bekerjasama dengan Badan Penangulangan Bencana daerah (BPBD) Kota Payakumbuh. Hal ini dilakukan untuk menunjang pelaksanaan kuliah kerja nyata para mahasiswa tersebut dilapangan.

Minggu (9/8), para mahasiswa ini lakukan sosialisasi cara pembuatan dan pengaplikasian biopestisida kepada Kelompok Wanita Tani (KWT) Sun Flower Kelurahan Bulakan Balai Kandi kecamatan Payakumbuh Barat Kota Payakumbuh. Kegiatan sosialisasi cara pembuatan dan pengaplikasian biopestisida tersebut bertujuan agar Kelompok Wanita tani paham dan mengetahui cara pembuatan biopestisida dari bahan-bahan rumah tangga. Sosialisasi dilakukan di kebun KWT Sun Flower yang berlokasi di belakang Rumah gadang Rakewi.

Kegiatan Sosialisasi diikuti oleh 20 orang anggota KWT Sun Flower. Demonstrasi pembuatan biopestisida menggunakan bahan rumah tangga seperti Bawan merah, Bawang Putih, Sereh dan ranting pohon Kulit Manis. Biopestisida yang dibuat baru bisa digunakan setelah didiamkan Selama dua hari. Selama sosialisasi ibu-ibu KWT sangat aktif dan bersemangat dalam diskusi.

Manfaat dari penggunaan biopestisida pada tanaman yaitu tidak menimbulkan residu pada tanah, aman bagi manusia yang hewan, tidak menyebabkan risisten pada hama yang lain, produk pertanian menjadi lebih sehat, murah dan mudah pembuatannya.

Penggunaan biopestida juga ramah lingkungan sehingga tidak merusak tanah namun hama pada tanaman bisa teratasi. Dengan adanya sosialisasi cara pembuatan dan pengaplikasian biopestisida, masyarakat Bulakan Balai Kandi khususnya Ibu-Ibu KWT Sun Flower bisa mengurangi penggunaan pestisida kimia dan beralih menggunakan biopestisida.

Daftar Nama dosen pendamping dan mahasiswa
KKN-T INSTITUT PERTANIAN BOGOR

Dosen Pembimbing Lapang

Dr. Dewi Sukma, SP, M.Si

Mahasiswa

Retno Khairani
Hasnah Niaty
Rahmi Hidayanti Syaiful
Oktobi Yuda
Andini Syafira Ariesa
Nadia Oktaviana
Diah Nawang Wulan
Mega Aprillia
Ilham Kurniawan
Nabilla Suhasfi Winarno